Botohayam93

Artikel Panduan Merawat Ayam Aduan Berkualitas Juara

Monday, August 20, 2018

Tips Memilih Ayam Bangkok Berkualitas Juara Untuk Pemula


Tips Memilih Ayam Bangkok Berkualitas Juara Untuk Pemula, Bagi seluruh para pecinta ayam aduan di indonesia yang masih pemula tentunya belum mengerti akan bagaimana caranya dapat memilih ayam aduan yang berkualitas sebagai ayam juara. maka dari itu banyak para pemula yang harus memiliki banyak pengalaman yang banyak supaya dapat memilih ayam aduan yang berkualitas.

Memilih Ayam Bangkok Aduan yang berkualitas sebagai ayam juara sebenarnya gampang gampang susah untuk dilakukan, gampang bagi mereka yang sudah memahaminya namun akan sulit bagi mereka yang belum mengetahui caranya. tentunya bagi senior dari master botoh ayam aduan di indonesia sangat mudah untuk memilih ayam aduan yang berkualitas sebagai ayam aduan juara, mengapa? karena mereka sudah memiliki banyak pengalaman dalam hal ini.

Maka dari itu dikesempatan kali ini, saya akan memberikan kepada kamu semua tentang  tips memilih ayam bangkok aduan yang berkualitas sebagai ayam juara bertarung didalam arena tarung ayam jago. bagi kamu yang belum paham akan bagaimana cara memilih ayam aduan yang berkualitas sebagai ayam juara silahkan simak ulasan yang kami berikan kali ini.

Cara Memilih Ayam Bangkok Berkualitas :


1. Kepala :

Pertimbangan pertama dalam cara memilih ayam bangkok yang biasa saya lakukan adalah dari bentuk kepalanya. bentuk kepala, baik berdasarkan katuranggan maupun berdasarkan pengalaman saya, memang merupakan indikator terpenting yang harus diperhatikan dalam menilai kualitas ayam.

Ayam bangkok berkualitas umumnya memiliki bentuk kepala menyerupai buah pinang. ukurannya kecil tapi gesit dan lincah dalam bergerak. kepala ayam yang seperti ini umumnya sukar dipukul lawan, sehingga lebih tahan dalam menjalani pertarungan adu.

Bentuk kepala ayam yang demikian sebaiknya juga ditunjang dengan leher yang kokoh, kulit muka yang tebal, dan bentuk jengger menyerupai blangkon. Kendati begitu, menemukan ayam dengan kepala yang memenuhi semua kriteria tersebut terbilang sangat sulit.

2. Dada :

Dalam cara memilih ayam bangkok yang biasa saya lakukan, saya juga mempertimbangkan bagaimana bentuk dada ayam tersebut. dada ayam bangkok yang bagus adalah dada yang bentuknya bidang. bila dilihat dari atas, dada dan ekor membentuk huruf V secara sempurna. dada ayam yang seperti ini menjadi indikator yang menunjukan bahwa ayam memiliki ruang nafas yang lebih lebar. nafasnya panjang dan tidak mudah lelah saat menjalani pertarungan babak panjang.

3. Kaki :

Indikator selanjutnya yang biasa saya gunakan dalam cara memilih ayam bangkok adalah bentuk kakinya. bentuk kaki ayam bangkok yang baik adalah yang pahanya seperti paha belalang, pipih jika dilihat dari depan, tapi gempal jika dilihat dari samping.

Selain itu, betis juga menjadi pertimbangan. betis atau bagian kaki ayam yang bersisik harus berbentuk seperti tongkat pemukul bola kasti. Dari bagian pangkal kecil, tapi terus membesar menuju cakar. betis kaki seperti ini dalam ilmu fisika diketahui dapat menghasilkan pukulan keras. nah, untuk mempelajari bagaimana ciri-ciri betis dan kaki ayam bangkok yang baik.

4. Otot Dan Tulang :

Kenampakan fisik yang baik mulai dari kepala, dada, hingga kaki harus ditunjang dengan sistem gerak yang baik pula. otot dan tulangan adalah indikator utama saya dalam cara memilih ayam bangkok setelah ciri fisiknya terpenuhi. kamu bisa menilai seberapa kekar otot dan seberapa keras tulang ayam bangkok yang akan kamu beli dengan cara meraba badan bagian bawahnya. kamu bisa mengetahui ayam mana yang punya kualitas otot dan tulang dengan cara meraba dan membandingkannya satu persatu.

5. Teknik Bertarung :

Nah, setelah ciri fisik dan tulangannya memenuhi kriteria, barulah kemudian yang selanjutnya kamu lakukan adalah menilai teknik bertarungnya. kamu akan tahu apakah ayam pilihan kamu termasuk tipe kontrol, tipe ngalung, tipe jorok, atau tipe ayam kelas dengan cara mengadu antar sesamanya. hal ini dapat dilakukan tentu jika pemilik ayam mengijinkan ayamnya diabar. tidak perlu lama lama, dengan setengah babak uji coba, kamu pasti sudah menemukan ayam mana yang layak kamu pilih.

6. Silsilah :

Jika selama di abar ayam ayam yang aduan yang kamu pilih belum menunjukan kemampuannya secara maksimal, kamu tidak perlu khawatir. kamu bisa menilai kelayakan ayam dengan cara mempelajari silsilahnya. cara memilih ayam bangkok melalui silsilah bisa dikatakan cukup efektif jika kamu sudah terbiasa. karena memang ayam bangkok, terutama yang masih muda biasanya menyembunyikan teknik tarung andalannya. oleh karena itu, pilihlah hanya ayam bangkok yang berasal dari silsilah ayam juara. kamu bisa mengetahuinya dengan bertanya langsung pada pemiliknya.

Itulah ulasan yang dapat kami sampaikan kepada kamu semua tentang bagaimana cara merawat ayam aduan yang berkualitas sebagai ayam aduan juara bertarung didalam arena tarung ayam jago. semoga dengan adanya ulasan yang kami berikan ini dapat untuk membantu dan menambah wawasan kamu semua didalam memilih ayam aduan yang berkualitas sebagai ayam aduan juara bertarung.

No comments:

Post a Comment