Botohayam93

Artikel Panduan Merawat Ayam Aduan Berkualitas Juara

Monday, August 20, 2018

Tips Memilih Anak Ayam Bangkok Berkualitas Juara

Sebagai peternak / pecinta Ayam Bangkok Aduan pastinya sangat ingin sekali untuk memiliki ayam aduan yang berkualitas sebagai ayam juara bertarung didalam arena tarung ayam jago. benar sekali bukan? karena bagi para pecinta ayam aduan memiliki ayam aduan juara merupakan salah satu kebanggaan yang tidak dapat dihitung kan lagi. dengan memiliki ayam juara bertarung diarena nama kita pun sebagai pemilik ayam akan semakin terkenal.

Untuk dapat memilih ayam aduan yang berkualitas sebagai ayam juara bertarung juga sudah bisa dilihat kerita ayam aduan itu masih anak anak. sebagai senior dari Botoh Ayam Aduan di indonesia, pastinya mereka sudah sangat paham sekali tentang bagaimana caranya untuk memilih anak ayam aduan yang berkualitas sebagai ayam juara bertarung. lalu bagaimana dengan kamu yang masih awam / pemula.

Nah disekesempatan kali ini saya akan memberikan kepada kamu semua tentang bagaimana cara memilih anak ayam aduan yang berkualitas sebagai ayam juara bertarung. bagi kamu yang belum memahami bagaimana caranya memilih ayam aduan yang berkualitas sebagai ayam juara bertarung kamu dapat simak ulasan yang kami berikan kali ini.

Cara Memilih Anak Ayam Berkualitas :


1. Kepala :

Anak ayam bangkok yang bagus umumnya memiliki bentuk kepala menyerupai kepala burung jalak. bentuk kepala yang agak tebal, panjang, dengan kulit tipis dan halus umumnya menunjukan bahwa kelak anak ayam tersebut mempunyai daya tahan yang baik terhadap pukulan, tidak cengeng saat mendapat luka pasca bertarung, dan punya penampilan yang berwibawa.

2. Mata :

Mata anak ayam yang bagus adalah yang bulat, jernih, dan letaknya agak masuk ke dalam (tulang alis menonjol). Mata yang demikian menunjukan bahwa ayam bangkok tersebut saat dewasa nantinya memiliki tingkat kewaspadaan tinggi terhadap pukulan sehingga akan sulit diserang dan dilukai lawannya.

3. Paruh :

Paruh anak ayam bangkok yang baik adalah paruh yang di bagian atasnya terdapat garis tengah seperti paruh burung rajawali. ciri ini menunjukan bahwa paruh anak ayam tersebut adalah paruh yang kuat, ganas, dan mematikan saat mematuk tubuh lawan. Usahakan pula untuk memilih anak ayam yang warna paruhnya tembus atau sama dengan warna ruas kakinya.

4. Kaki : 

Saya biasanya melihat bentuk kaki sebagai prioritas utama dalam memilih anak ayam bangkok berkualitas. Kaki yang proporsional dengan lutut menjorok ke belakang, jari normal panjang dan terbuka lebar, serta sisiknya agak kering adalah ciri anak ayam bangkok calon juara. Pukulan  ayam bangkok dengan ciri tersebut biasanya terarah dan sangat kuat. Kuda kudanya pun juga pasti seimbang.

5. Tulang :

Ada 3 (tiga) bagian tulang yang penting digunakan sebagai indikator kualitas anak ayam bangkok calon juara. ketiganya yaitu tulang leher, tulang badan, dan tulang kaki.

A. Tulang Leher : Tulang leher yang baik adalah tulang leher yang tersusun rapat, agak panjang, dan berukuran besar. tulang leher seperti ini sangat menunjang pergerakan kepalanya di kemudian hari. untuk meliuk, ngeles, ngunci dan ngalung, ayam bangkok dengan bentuk tulang leher seperti ini biasanya sangat mudah melakukannya.

B. Tulang Badan : Tulang badan  terutama di bagian dada harus besar dan tebal. tulangnya memanjang dari bagian dada hingga tulang belakang. tulang badan juga harus rapat, kuat, dan keras saat diraba, terutama tulang penghubung antara tubuh dan tulang ekor.

C Tulang Kaki : Tulang kaki ada 2 jenis, yaitu membulat dan persegi (punya lekukan seperti buah belimbing). untuk ayam tipe pukul sebaiknya kamu memilih anak ayam dengan tipe tulang membulat. Tipe tulang seperti ini umumnya akan menghasilkan pukulan yang keras, pedas dan membekas.

Itulah ulasan yang dapat saya sampaikan kepada kamu semua tentang bagaimana caranya memilih anak ayam aduan yang berkualitas sebagai ayam juara bertarung didalam arena tarung ayam jago. cukup sampai disini dulu ulasan yang dapat kami berikan kepada kamu semua seluruh para pecinta ayam aduan di indonesia. semoga bermanfaaat untuk kita semua.

No comments:

Post a Comment