Botohayam93

Artikel Panduan Merawat Ayam Aduan Berkualitas Juara

Tuesday, August 7, 2018

Cara Merawat Anak Ayam Supaya Dapat Tumbuh Besar


Cara Merawat Anak Ayam Supaya Dapat Tumbuh Besar, Seekor Ayam Bangkok Aduan yang istimewah dapat diperoleh dari keturunan babon (indukan) asli trah juara. namun jika hanya bermodalkan itu saja pastinya tidak akan cukup. perawatan adalah faktor kedua dalam menentukan ayam aduan yang berkualitas juara.

Biasanya perawatan yang dilakukan oleh senior botoh ayam aduan di indonesia dimulai dari masih anak anak. perawatan untuk ayam aduan yang dilakukan mulai dari masih anak anak sangatlah penting sekali. karena disinilah nantinya awal mula munculnya ayam ayam aduan juara yang berkualitas. sebagai pecinta ayam aduan kamu juga harus sudah memahami dengan baik akan cara cara merawat anak ayam aduan yang berkualitas.

Untuk itu dikesempatan yang baik ini, kami akan memberikan kepada kamu semua tentang bagaimana cara marawat anak  ayam aduan yang baik dan berkualitas yang nantinya dapat kamu jadikan sebagai ayam aduan juara bertarung di arena. maka dari itu jika kamu ingin mengetahui tentang cara merawat anak ayam aduan supaya dapat tumbuh besar..

Tips Merawat Anak Ayam Supaya Cepat Tumbuh Besar :


Munking bagi sebagian senior master Botoh Ayam Aduan di indonesia sudah mengetahui bagaimana cara merawat anak ayam aduan supaya dapat tumbuh besar dengan cepat. namun tentu saja bagi sebagian orang belum memahami akan hal seperti ini, benar sekali bukan? nah bagi kamu yang belum mengetahui cara merawat anak ayam aduan supaya dapat tumbuh besar dengan cepat silahkan kamu simak ulasan yang kami berikan kali ini.

1. Kandang Ayam :

Untuk merawat anak ayam aduan yang berkualitas sebagai ayam juara bertarung tentunya hal pertama yang harus kamu siapkan adalah kandang ayam. anak ayam aduan yang baru lahir hingga usia tiga (3) bulan umumnya masih dalam keadaan kritis dan sangat mudak sekali untuk mati. perawatan anak ayam yang masih berumur usia tiga (3) bulan yang terpenting adalah menjaga kehangatan suhu didalam kandang.

Menjaga suhu kandang secara alami merupakan tugas dari induk babon ayam. oleh karena itu, kamu bisa menempatkan induk babon bersama dengan anak ayam yang baru lahir. akan tetapi bila terkendala karena penetasan ayam menggunakan mesin, kamu juga bisa menggunakan bantuan lampu bohlam untuk menjaga suhu dalam kandang anak ayam tersebut.

Selain suhu, faktor penting dalam kandang yang perlu juga untuk diperhatikan adalah sirkulasi udara. untuk kandang anak ayam yang baru lahir, sebaiknya dinding kandang memiliki rongga yang lebih rapat untuk mencegah aliran udara secara langsung. aliran udara langsung bisa membuat anak ayam mati karena bibit penyakit, terutama bila lokasi kandang tidak dipagar menggunakan batu bata.

2. Pakan Anak Ayam :

Setelah kandang anak ayam aduan kamu sudah tersedia dengan baik, maka langkah selanjutnya yang harus kamu lakukan untuk merawat anak ayam aduan supaya dapat tumbuh besar dengan cepat adalah pakan anak ayam aduan kamu.

Beberapa botoh ayam aduan beranggapan bahwa pada usia 1 sampai 2 hari, anak ayam sebaiknya cukup diberi air saja. kebutuhan nutrisi ayam masih dapat terpenuhi oleh kuning telur yang menempel pada bulu bulunya. lewat usia tersebut, pakan berupa pur bisa diberikan dalam jumlah sewajarnya. adapun untuk menghemat pengeluaran, pakan pur juga bisa dicampuri bekatul dengan perbandingan 4:1.

3. Suplemen Tambahan :

Jika anak ayam aduan yang kamu rawat sudah memasuki umur satu (1) bulan, maka anak ayam aduan tersebut dapat kamu berikan dengan komposisi yang berbeda. para peternak ayam aduan yang sudah senior pada umumnya menggunakan bahan campuran pakan berupa pur dan susu bayi dengan perbandingan berkisar 5 : 1. susuk bubuk yang diberikan pada anak ayam bangkok usia 1 sampai 4 bulan berpengaruh besar terhadap pembentukan tulang, otot, bulu dan bagian tubuh yang lainnya. apabila harga susu bubuk di pasaran tidak sesuai dengan isi dompet milik kamu, penggunaan susu yang sudah kadaluarsa (bekas) juga masih aman dan dimungkinkan.

4. Melakukan Pencabutan Bulu Anak Ayam :

Bulu bulu yang tumbuh pada anak ayam aduan yang kamu miliki banyak porsi gizi dari makanan yang di konsumsinya. maka dari itu, jika kamu ingin anak ayam aduan kamu dapat tumbuh besar dengan cepat, maka sebaiknya kamu potong dan buanglah sebagian dari bulunya.

 Bagian bulu yang dipotong pada usia tiga 3 (tiga) mingu adalah bulu sayap dan juga ekor. adapun pada saat umur beranjak dua (2) bulan atau setelah bulu pada sayap ekor., bulu bulu yang tersisa harus segera di cabut juga, terutama pada bagian dada dan paha dari bulu ayam aduan tersebut. pncabutan bulu ini selain dapat mengoptimalkan serapan makanan untuk pertumbuhannya, juga dianggap penting karena dapat mempertebal kulit dari bagian tubuh yang bulunya dicabuti.

5. Perawatan Anak Ayam Usia 6 Bulan :

Perawatan anak ayam bangkok aduan  memasuki usia enam (6) bulan atau sampai bulu rawis  dan leher barunya tumbuh sebaiknya cukup di dalam kandang saja. hal ini dilakukan untuk menghindari hilangnya energi karena ayam aduan tersebut terlalu banyak bermain. energi yang seharusnya digunakan untuk pertumbuhan tubuhnya akan hilang bila ia sering diumbar. Oleh karena itu, jika ingin mengumbarnya, berikanlah waktu tidak lebih dari 30 menit setiap harinya.

Munking cukup sampai disini dulu penjelasan yang dapat kami sampaikan kepada kamu semua mengenai bagaimana cara merawat anak ayam aduan supaya tumbuh besar dengan cepat. semoga dengan adanya artikel yang kami berikan ini dapat untuk membantu dan menambah wawasan kamu semua didalam merawat anak ayam aduan supaya dapat tumbuh besar dengan cepat.





No comments:

Post a Comment